Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 13 Jun 2023

Bupati Mabar Sebut Akan Koordinasi Ke Pusat Soal Wilayah yang Belum Tersentuh Signal Telekomunikasi


 Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.(LM/JF) Perbesar

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.(LM/JF)

Harianlabuanbajo|Daerah- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi buka suara soal kondisi infrastruktur jaringan telekomunikasi Wilayah Rego Raya yang belum memadai hingga kini.

Kepada Harianlabuanbajo.com, Politisi Partai Nasdem tersebut menyebut akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat perihal penanganan infrastruktur jaringan telekomunikasi di Wilayah yang belum tersentuh Signal telekomunikasi.

“Kami lakukan koordinasi ke pusat agar wilayah yang belum ada signal diatasi,” ujar Edistasius, Jumat(09/06/2023) malam

Soal kapan pihaknya melakukan koordinasi dan pelaksanaan penanganan persoalan jaringan telekomunikasi, Edistasius tidak menerangkan secara detail.

Menanti Bangkitnya Jaringan Telekomunikasi Wilayah Rego Raya Menuju Mabar Mantap

Kabar buruk dari Utara Manggarai Barat, Jaringan Telekomunikasi tak seperti wilayah lain lingkup Kabupaten Manggarai Barat yang menikmati pesatnya kemajuan.

Pasalnya, Tak semua wilayah di Kecamatan Macang Pacar tersentuh pembangunan jaringan telekomunikasi.

Tak luput beberapa Desa di Wilayah Rego Raya: Desa Rego, Desa Lewat, Desa Wontong, Desa Watu Baru dan Desa Watu Manggar.

Padahal, dari kelima Desa tersebut terdapat Sarana pemerintahan (Kantor Desa), Sarana Pendidikan (SD, SMP, dan SMA) dan Sarana Kesehatan(Puskesmas) yang pada prinsipnya membutuhkan jaringan telekomunikasi memadai dalam aktivitas keseharian.

Meskipun terdapat jaringan Bakti Kominfo yang telah dibangun di salah satu Desa (Desa Wontong) berapa tahun silam, namun demikian, BTS tersebut tidak membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Lebih parahnya, keberadaan fasilitas negara tersebut dinilai sebagai pemanis kehendak rakyat soal kebutuhan jaringan telekomunikasi (tidak berfungsi maksimal).

“Jika hendak mengakses internet dan sebagainya, kami bergegas cukup jauh ke titik tertentu demi mendapatkan akses jaringan telekomunikasi dari Wilayah Pacar dan Kuwus ,” ungkap salah seorang warga dari salah satu Desa wilayah Rego Raya, Jumat (09/06/2023)

Paparnya, hal yang paling sukar yakni bagi panitia Pemilu 2024, para pelajar dan juga pihak yang sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi dalam menyelesaikan tugas keseharian.

“menghadapi Pemilu 2024, banyak tugas dan hasil pekerjaan yang harus mereka didistribusi secara online. Akan tetapi, akan sangat sukar bila kondisi jaringan telekomunikasi tidak memadai,” bebernya

Bangkit Dari Desa Menuju Mabar Mantap

Misi Bangkit dan Mantap yang didengungkan oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi sekiranya merambah pada sektor jaringan telekomunikasi.

Poin penting yang mesti diingat bahwa, kebutuhan Jaringan Telekomunikasi pada era sekarang tidak hanya meraba pada sektor perkotaan. Namun demikian, era digitalisasi menuntut semua kalangan di seluruh wilayah, untuk cakap digital.

Apalagi program Nasional yang perlahan menyentuh akses digital seyogyanya mendapat atensi pemerintah Daerah untuk melanjutkannya secara menyeluruh dan merata.

“ Harapan yang tidak pernah putus ialah Pemda Mabar memberikan perhatian pada sektor infrastruktur telekomunikasi dalam setiap rancangan pembangunan,. Jaringan telekomunikasi era sekarang tidak memandang klaster pengguna, sebab hal demikian perlahan dipandang sebagai kebutuhan vital,” beber warga tersebut

Sembari menanti ‘bangkitnya’ pembangunan infrastruktur telekomunikasi wilayah Rego Raya, sekiranya Pemda Mabar tetap mendengarkan suara akar rumput demi tercapainya pembangunan partisipatif.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sejak Beroperasi PT ANK dan KAJ Telah Mengantongi Izin

6 April 2024 - 12:44

Diduga Tidak Mengantongi IUP Produksi, PT AKAS Operasi AMP dan Crusher di Desa Golo ronggot

5 April 2024 - 10:20

Warga Pulau Komodo Digigit Komodo di Loh Linggo

3 April 2024 - 06:35

Polres Mabar Diminta Tidak Lamban Proses Laporan Dugaan Penggunaan Gelar Palsu Lorens Logam

24 Maret 2024 - 12:12

Wirawan Sebut Ketua PKN Mabar Menggunakan Gelar Palsu Untuk Keuntungan Dirinya

24 Maret 2024 - 12:01

Pilkada Mabar 2024, Gerindra Rekomendasi Kanisius Jehabut 

24 Maret 2024 - 06:34

Trending di Daerah