Menu

Mode Gelap
 

News · 4 Nov 2023

Indonesia Financial Group Lestarikan Bambu  di Labuan Bajo


 Momentum penanaman bambu di Kawasan Batu Cermin. (Ist) Perbesar

Momentum penanaman bambu di Kawasan Batu Cermin. (Ist)

Harianlabuanbajo Indonesia Financial Group (IFG) bersama bersama anak perusahannya melakukan upaya pelestarian bambu di Kawasan Batu Cermin Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (03/11/2023).

Penanaman bambu di lokasi wisata itu dilakukan guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lokal Labuan Bajo.

Direktur Sumber Daya Manusia IFG Rizal Ariansyah menuturkan, optimalisasi potensi ekonomi lokal tersebut dilakukan melalui penanaman bambu bertema ”Lestarikan Bambu, Lestarikan Bajo” yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Goa Batu Cermin, Labuan Bajo, Jumat (3/11/2023).

Kata Rizal, salah satu jenis sumber bahan baku lokal yang dapat dikembangkan potensinya adalah bambu. Nusa Tenggara Timur tercatat memiliki 19 jenis bambu, khususnya di Pulau Flores dan Sumba yang empat di antaranya merupakan jenis bambu endemik.

”Penanaman bambu yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Yayasan Bambu Lestari tersebut merupakan komitmen IFG dan anak perusahaan untuk mendukung upaya peningkatan perekonomian masyarakat, sekaligus mengatasi isu lingkungan,” ujar Rizal.

Data menunjukkan, tanaman bambu bisa tumbuh lebih cepat dibandingkan jenis tanaman lain dan memproduksi lebih banyak oksigen. Bambu juga merupakan bahan baku kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan bahan bangunan untuk menggantikan kayu yang jumlahnya di hutan alam makin terbatas. Selain itu, rumpun bambu juga dapat menyimpan cadangan air yang sangat diperlukan masyarakat Manggarai Barat, terutama saat musim kemarau.

Menurut Rizal, kegiatan penanaman berbagai jenis tanaman merupakan salah satu arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pilar lingkungan. Partisipasi IFG dalam pembanguann pilar lingkungan tersebut sesuai dengan tujuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yakni memberikan manfaat, menciptakan nilai tambah, serta membina usaha mikro, kecil, dan menengah.

Kegiatan penanaman bambu tersebut merupakan rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 yang diselenggarakan pada Sabtu (4/11/2023). Sebelumnya, telah dilaksanakan berbagai kegiatan TJSL, antara lain bersih-bersih plastic di Pantai Binongko, Labuan Bajo Bersama 100 orang dari Komunitas Labuan Bajo BISA, Komunitas Perempuan Pecinta Lingkungan pelajar SDN 01 dan 02 Labuan Bajo; Literasi sampah plastik dan kreasi daur ulang sampah di SDN 02 Labuan Bajo; bersih-bersih sampah plastik di Desa Pasar Baru Labuan Bajo; bersih-Bersih sampah plastik di Pantai Pede Labuan Bajo; dan bersih-bersih kawasan Waterfront City Labuan Bajo.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Update Modernisasi Industri Pertanian, Mario Pranda dan Stevi Harman Ikuti Canton Fair di China

19 April 2024 - 18:43

Tenggelam di Wae Ara, Remaja Asal Lembor Ditemukan Tak Bernyawa

8 April 2024 - 11:36

Titiek Soeharto Sampaikan Pesan Manis ke Prabowo Usai Sandang Jenderal Kehormatan

1 Maret 2024 - 17:28

Panwaslucam Cibal Barat Tertibkan Semua APK Peserta Pemilu

11 Februari 2024 - 21:11

Siaga Bencana, Kapolres Mabar Cek Kesiapan Peralatan SAR

5 Januari 2024 - 08:52

Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo

30 Desember 2023 - 17:42

Trending di Nasional