Menu

Mode Gelap
 

Hukum

KPK Bantah Adanya Isu Penggeledahan Hotel Loccal Collection


 Dian Patria, Ketua Satgas Korsup Wilayah V KPK RI.(Ist) Perbesar

Dian Patria, Ketua Satgas Korsup Wilayah V KPK RI.(Ist)

Harianlabuanbajo  Ketua Satgas  Korsup Pencegahan Wilayah V KPK Dian Patria tidak membenarkan isu pihaknya melakukan penggeledahan penggelapan pajak Hotel Loccal Collection.

“Bukan penggeledahan, kita tunggu aja janji local mau lunasi piutang paling telat Februari 2024 mendatang,” ungkap Dian Patria saat dihubungi oleh media ini melalui pesan WhastApp, Kamis (9/11/2023).

Senada dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat juga membantah adanya penggeledahan penggelapan Pajak di Hotel Loccal Collection.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manggarai Barat Maria Yuliana Rotok mengatakan Satgas Korsup Pencegahan Wilayah V KPK RI tidak pernah melakukan penggeledahan terhadap salah satu hotel di Labuan Bajo.

“Oh tidak, kami tidak melakukan penggeledahan, apalagi dengan KPK kemarin itu seperti penetrasi saja kepada wajib pajak yang ada temuan pada saat hasil pemeriksaan,” ungkap Leli Rotok saat ditemui untuk dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2023).

Leli Rotok menjelaskan salah satu tupoksi dari Badan Pendapatan Daerah itu adalah melakukan pemeriksaan pajak terhadap para wajib pajak.

“Sehingga ada beberapa obyek pajak yang kami periksa, sebenarnya kami bisa saja memeriksa seluruh wajib pajak bukan karena mencurigai mereka jujur atau tidak tetapi hanya untuk mengetahui berapa sesungguhnya omset, bisa saja ada perbedaan, bisa saja ada temuan atau bisa saja tidak ada temuan. Kebetulan sasaran kami tahun ini obyek-obyek tertentu itu yang kami periksa semuanya kami temukan ada sejumlah pajak yang tidak disetorkan ke khas daerah,” tambahnya.

Ia juga mengaku karena kekurangan sumber daya manusia jadi pihaknya tidak bisa memeriksa semua wajib pajak, ada ratusan wajib pajak kita, baik hotel maupun restoran yang mana pemungutannya menggunakan self assessment.

“Self assessment inikan pada saat mereka melapor kita hanya mengandalkan kejujuran mereka pada saat melaporkan omset tidak bisa kita tetapkan, tetapi mereka yang melaporkan dengan cara suka rela dan jujur, nah salah satu cara untuk menguji kepatuhan dan kejujuran mereka itu dengan melakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Soal Batching Plant PT WGP di Manjerite, DPMPTSP Mabar: Tidak Ditemukan Izin Dimaksud Pada OSS

21 April 2024 - 13:23

Batching Plant PT WGP di Manjerite Diduga Tidak Mengantongi Izin Produksi

19 April 2024 - 09:05

Padma Indonesia Minta APH Segera Tetapkan Lorens Logam Jadi Tersangka

18 April 2024 - 08:30

Kasus Pengeroyokan di Bajo Booze, Kuasa Hukum Korban: Polres Mabar Sudah Terbitkan SP2HP

3 November 2023 - 19:24

PT KNM Babat dan Timbun Kawasan Bakau di Labuan Bajo, Polres Mabar Akan Lakukan Penyelidikan

29 September 2023 - 20:13

PT KNM Babat dan Timbun Kawasan Bakau di Labuan Bajo

26 September 2023 - 10:19

Trending di Hukum