Menu

Mode Gelap
 

Nasional · 18 Sep 2023

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan Bangun Embung di Desa Pota Wangka Mabar


 Kunjungan Irjen Kementan, Jam S. Maringka di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat. (Ist) Perbesar

Kunjungan Irjen Kementan, Jam S. Maringka di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat. (Ist)

Harianlabuanbajo Kementerian Pertanian menggelar dialog ‘jaga Pangan’ di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat(15/09/2023).

Irjen Kementerian Pertanian RI, Jan S. Maringka menerangkan, giat dialog jaga pangan merupakan langkah konkrit dalam memperkuat ketahanan pangan Nasional.

‘ Dialog Jaga Pangan merupakan  bagian integral dari program Kementan yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan ketahanan pangan di Indonesia. Tiga syarat utama untuk mencapai tujuan ini adalah ketersediaan pangan yang cukup, kemudahan akses, dan keamanan pangan. Untuk mencapai hal ini, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah adalah kunci,” terang Jam kepada awak media

Pada kesempatan itu, Irjen Maringka membahas tantangan seperti ancaman kekeringan dan fenomena El Nino yang dihadapi bersama. Dalam menghadapinya, pemerintah memberikan bantuan berupa sumur pompa untuk ternak dan mendukung pembangunan hortikultura di Manggarai Barat.

Selain itu, langkah konkrit Kementan dalam menjaga ketahanan pangan yakni  dengan membangun embung-embung di setiap desa. Hal demikian dilakukan menuju lumbung pangan yang tangguh.

Dikatakan,  Sebanyak 90 embung akan dibangun di NTT pada anggaran tahun berjalan dengan anggaran mencapai 9 miliar rupiah. Embung-embung ini akan menjadi sumber pengairan vital untuk pertanian dan peternakan.

Pada momen itu juga, Irjen Jan Maringka turut serta dalam penanaman mangga secara simbolis dan memberikan bantuan berupa pupuk, benih kelapa, jagung, dan sorgum kepada masyarakat setempat.

Inisiatif ini adalah contoh nyata bagaimana pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk gereja dan komunitas lokal, untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Langkah-langkah seperti ini memastikan bahwa Indonesia dapat menghadapi tantangan ketahanan pangan dengan lebih tangguh di masa depan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mario Pranda Sambangi KJRI Hongkong Bicara Potensi Labuan Bajo

22 Maret 2024 - 13:53

Perempuan Indonesia Geruduk Istana: Adili Jokowi Perusak Demokrasi 

8 Maret 2024 - 09:19

Provinsi Jambi Jadi Contoh Komitmen Pemerintah Indonesia Atasi Krisis Iklim

6 Maret 2024 - 19:54

Airlangga Hartarto Optimis Golkar Menang di NTT

15 Januari 2024 - 20:37

Airlangga Pilih  Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah Natal Nasional Partai Golkar

12 Januari 2024 - 19:19

Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo

30 Desember 2023 - 17:42

Trending di Nasional