Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Nasional · 18 Sep 2023

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan Bangun Embung di Desa Pota Wangka Mabar


 Kunjungan Irjen Kementan, Jam S. Maringka di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat. (Ist) Perbesar

Kunjungan Irjen Kementan, Jam S. Maringka di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat. (Ist)

Harianlabuanbajo Kementerian Pertanian menggelar dialog ‘jaga Pangan’ di Desa Pota Wangka, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat(15/09/2023).

Irjen Kementerian Pertanian RI, Jan S. Maringka menerangkan, giat dialog jaga pangan merupakan langkah konkrit dalam memperkuat ketahanan pangan Nasional.

‘ Dialog Jaga Pangan merupakan  bagian integral dari program Kementan yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan ketahanan pangan di Indonesia. Tiga syarat utama untuk mencapai tujuan ini adalah ketersediaan pangan yang cukup, kemudahan akses, dan keamanan pangan. Untuk mencapai hal ini, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah adalah kunci,” terang Jam kepada awak media

Pada kesempatan itu, Irjen Maringka membahas tantangan seperti ancaman kekeringan dan fenomena El Nino yang dihadapi bersama. Dalam menghadapinya, pemerintah memberikan bantuan berupa sumur pompa untuk ternak dan mendukung pembangunan hortikultura di Manggarai Barat.

Selain itu, langkah konkrit Kementan dalam menjaga ketahanan pangan yakni  dengan membangun embung-embung di setiap desa. Hal demikian dilakukan menuju lumbung pangan yang tangguh.

Dikatakan,  Sebanyak 90 embung akan dibangun di NTT pada anggaran tahun berjalan dengan anggaran mencapai 9 miliar rupiah. Embung-embung ini akan menjadi sumber pengairan vital untuk pertanian dan peternakan.

Pada momen itu juga, Irjen Jan Maringka turut serta dalam penanaman mangga secara simbolis dan memberikan bantuan berupa pupuk, benih kelapa, jagung, dan sorgum kepada masyarakat setempat.

Inisiatif ini adalah contoh nyata bagaimana pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk gereja dan komunitas lokal, untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Langkah-langkah seperti ini memastikan bahwa Indonesia dapat menghadapi tantangan ketahanan pangan dengan lebih tangguh di masa depan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Proteksi Destinasi Wisata Super Premium dari Ancaman Narkotika, Kepala BNN RI Kunjungi Labuan Bajo

17 November 2023 - 16:16

Indonesia Berhasil Membukukan  Sejumlah Poin Upaya Kerja Sama Memerangi Kejahatan Lintas Negara

25 Agustus 2023 - 17:30

ASEAN-China Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Kejahatan Non Tradisional

25 Agustus 2023 - 13:26

ASEAN dan Korea Selatan Tingkatkan Kerja Sama Memerangi Terorisme dan Kejahatan Lintas Negara Lainnya

24 Agustus 2023 - 18:12

ASEAN Plus Three Sepakati Kerja Sama Berantas TPPO, Terorisme dan Kejahatan Siber

24 Agustus 2023 - 15:53

Kapolri Tanam Pohon di TNK Bareng Delegasi AMMTC

23 Agustus 2023 - 17:25

Trending di Nasional