Menu

Mode Gelap
 

News · 4 Des 2023

PT MAP Bangun Akses Infrastruktur, Pemdes Watu Nggelek Sampaikan Apresiasi


 Pengecoran beton di ruas jalan yang telah dibangun PT MAP.(Ist) Perbesar

Pengecoran beton di ruas jalan yang telah dibangun PT MAP.(Ist)

Harianlabuanbajo Peduli terhadap akses infrastruktur masyarakat, PT Menara Armada Pratama yang bergerak di bidang konstruksi telah membuka akses jalan sepanjang 2 kilometer untuk kepentingan umum pada tahun 2019 di Desa Watu Nggelek dan Desa Tondong Belang, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Tak hanya berinisiatif membuka akses jalan baru, per Desember 2023 pihak perusahaan melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas  ruas jalan yang kondisinya sudah rusak parah dengan pengecoran beton.

Paul Sumito, Direktur utama PT. Menara Armada Pratama menyampaikan, kontribusi Perusahaan kepada masyarakat setempat dinyatakan  dengan membuka akses infrastruktur untuk kepentingan umum.

” Pembukaan dan Peningkatan Jalan ini adalah kepedulian kami dari pihak perusahaan terhadap warga masyarakat setempat dan pembangunan Desa”, ungkap Paul Sumito pada Jumat (1/12/23).

Paul Sumito menjelaskan, pembukaan jalan sepanjang 2 km yang dilakukan pada tahun 2019 lalu bukan tanpa alasan, pihaknya melihat kesulitan warga Desa untuk akses jalan menuju area perkebunan dan pertanian belum ada.

“Jadi begini, kalau kami ditanya, mengapa kami buka/gusur jalan sekalian membuat saluran, deker, dan perkerasan badan jalan dengan nilai ratusan juta, karena pada waktu itu belum ada jalan, masyarakat Desa merindukan jalan.  Sehingga kendaraan motor dan mobil bisa masuk ke dalam area warga, dan tentu mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian dan perkebunan”, jelas Paul Sumito

Terkait ada pihak yang menyoroti kehadiran Perusahaan miliknya di wilayah Desa Watu Nggelek, ia menjelaskan kehadiran PT. Menara Armada Pratama selalu mengedepankan asas manfaat bagi masyarakat setempat.

” Iya kami mendapatkan sorotan dari beberapa pihak, bagi kami itu adalah masukan dan bentuk perhatian kepada kami. Namun kami selalu mengedepankan atau memberikan manfaat kehadiran kami bagi masyarakat”, tuturnya.

Terkait tambang galian c yang dulu menjadi sorotan beberapa pihak, Paul Sumito menerangkan “untuk sementara tidak ada aktivitas tambang’ .

Sehingga di lokasi tersebut untuk sementara areal ini dijadikan usaha perkebunan (buah-buahan, sayur-sayuran) dan peternakan.Melihat kepedulian dari pihak perusahaan, Pemerintah Desa (Pemdes) menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas kontribusi yang besar dalam pembangunan Desa dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.

“Ya, pada prinsipnya, Pemerintah Desa menyambut baik  dan berterimakasih atas inisiatif perusahaan membuka akses jalan dan memperbaiki ruas jalan yang telah dibangun. Kami merasa bersyukur”, ungkap Ismail Nuratim,  Kepala Desa Watu Nggelek, pada Jumat (1/12/23).

Selain itu, ia menjelaskan, lewat kepedulian pihak Perusahaan, pihaknya mampu meminimalisir penggunaan anggaran dana Desa untuk pembangunan & pemeliharaan ruas jalan yang telah dibangun.

“Dengan adanya bantuan seperti ini, kami terbantu. Pemdes tidak perlu siap dana untuk bikin jalan, kita bisa alihkan untuk pembangunan dan pengembangan lain yang ada di Desa”, jelas Ismail Nuratim.

Ismail menambahkan, saat ini warganya yang memiliki areal perkebunan dan pertanian di wilayah tersebut dengan mudah menuju ke lokasi menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Selain itu menurutnya, dengan adanya akses jalan ini dapat meningkatkan potensi wisata alam Desa yang saat ini sebagian masyarakat dari Labuan Bajo datang mengunjungi sungai kecil yang ada di sekitar ruas jalan yang telah dibangun pihak perusahaan.

Senada dengan Kepala Desa, Fransiska  warga Desa menyampaikan, dengan adanya akses jalan tersebut sangat membantu warga dan sangat memberikan dampak yang baik.

” Iya sangat terbantu sekali, sekarang ini motor dan mobil sudah bisa lewat, beda dengan dulu. Sekarang juga banyak orang dari Labuan Bajo yang sering saya lihat datang untuk pergi mandi di sungai”, kata Fransiska.

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Titiek Soeharto Sampaikan Pesan Manis ke Prabowo Usai Sandang Jenderal Kehormatan

1 Maret 2024 - 17:28

Panwaslucam Cibal Barat Tertibkan Semua APK Peserta Pemilu

11 Februari 2024 - 21:11

Siaga Bencana, Kapolres Mabar Cek Kesiapan Peralatan SAR

5 Januari 2024 - 08:52

Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo

30 Desember 2023 - 17:42

PT Flobamor Gelar Konsultasi Publik Penyesuaian Tarif Jasa Wisata Alam di Kawasan TNK

16 Desember 2023 - 13:26

Gelar Posyandu Lansia Desa Batu Cermin di Pantai Pasir Panjang, Yovita Dewi: Lansia Butuh Perhatian Khusus

15 Desember 2023 - 17:08

Trending di News