Menu

Mode Gelap
 

Pariwisata · 24 Agu 2023

Respon Pernyataan BTNK, PT Flobamor Berkomitmen Meningkatkan Kualitas Pelayanan


 Taman Nasional Komodo.(Jf/Luis) Perbesar

Taman Nasional Komodo.(Jf/Luis)

Harianlabuanbajo Respon permintaan Kepala BTNK, Direktur Operasional PT Flobamor, Abner Runpah menyampaikan komitmen dalam upaya memastikan keberlangsungan konservasi dalam Kawasan Taman Nasional Komodo. Pasalnya, pihak PT Flobamor terus menjalin komunikasi dan kerja kolaborasi bersama BTNK.

Kata Runpah,  masukan dari Kepala BTNK telah menjadi pembahasan internal Flobamor dan sedang dilakukan upaya pembenahan dan perbaikan.

“Apa yang disampaikan oleh kepala balai itu benar adanya. Terkait hal yang kurang, kami sudah mendiskusikannya dan tentu kita ber terima kasih kepada Balai yang telah bekerjasama dengan Flobamor. Kita sudah diskusi, dan kita berjanji akan memperbaiki yang kurang.” Ujarnya, Selasa (22/08).

Runpah juga menyebutkan, PT Flobamor sendiri sedari awal telah memiliki komitmen yang penuh dalam memenuhi semua kewajiban dalam perjanjian kerjasama bersama BTNK dalam upaya menjaga keberlangsungan konservasi di Taman Nasional Komodo.

“Kami sudah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan, karena kita tidak hanya memikirkan soal revenue tetapi juga bagaimana soal kualitas pelayanan. Yang pasti kami akan menegaskan komitmen itu seperti menjalankan asuransi, perbaikan fasilitas dll.” Tutupnya.

Terkait upaya mendukung daya dukung dan daya tampung dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, PT Flobamor sendiri sebut Runpah jauh sebelumnya telah menawarkan penggunaan aplikasi INISA sebagai upaya membatasi jumlah kunjungan pada sejumlah spot wisata dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Sebelumnya, Kepala BTNK, Hendrikus Rani menyoroti kinerja sejumlah Naturalis guide PT Flobamor yang mendapatkan keluhan dari wisatawan saat berkunjung ke Pulau Padar.

“kayak pemanduan, keterampilan dari Naturalist Guide harus ditingkat, harus selektif termasuk pelanggaran pelanggaran oleh naturalis guide yang sempat beredar di media sosial itu juga harus diintervensi oleh manajemen Flobamor jangan dibiarkan begitu, mungkin dalam waktu dekat juga saya akan mengeluarkan surat peringatan terkait penyimpangan penyimpangan yang terjadi di dua lokasi itu.” Ucap Hendrikus, Minggu (20/08).

Selain itu, Hendrikus juga mengharapkan komitmen PT Flobamor dalam memenuhi setiap kewajiban yang harus dipenuhi dalam upayanya ikut menjalankan penguatan fungsi Pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo.

“Kemudian masih banyak kewajiban kewajiban yang harusnya dipenuhi oleh PT flobamor terkait dengan pernjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani disamping mereka juga melakukan kegiatan pelayanan di dua lokasi Padar dan Loh Liang, pelayanan kepada pengunjung termasuk kepada sarpras yang mungkin belum menjadi prioritas sehingga kita terus mendorong agar mereka lebih baik lagi dalam kualitas pelayanan kepada pengunjung.” Sebut Hendrikus.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Permudah Hitung Kunjungan Wisatawan, BTNK Akan Gunakan  Aplikasi Si Ora

20 Desember 2023 - 14:30

Sejumlah Asosiasi Wisata Tanggapi Rencana Perubahan Tarif Jasa Pemandu di TNK

16 Desember 2023 - 13:45

Golo Mori Convention Center, Magnet Baru Pariwisata di Indonesia Timur

6 Desember 2023 - 16:12

Tingkatkan Pelayanan di TNK, PT Flobamor Berdayakan Masyarakat Lokal

1 Desember 2023 - 15:34

Tunjang Pariwisata Labuan Bajo, PT Flobamor Terus Melakukan Perbaikan Sarpras di Kawasan TNK

27 November 2023 - 15:23

PT Flobamor Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan dan Sarpras TNK

23 November 2023 - 17:25

Trending di Daerah