Menu

Mode Gelap
 

News · 15 Jun 2023

SMAK Loyola Gandeng Boni Hargens dan Sa’ud Ahmad, Bumikan  Pancasila dan Nasionalisme Kepada Pelajar


 Dr. Boni Hargens dan H. Sa'ud Ahmad (Ist) Perbesar

Dr. Boni Hargens dan H. Sa'ud Ahmad (Ist)

Harianlabuanbajo|NEWS- Pengamat Politik Universitas Indonesia sekaligus Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Dr. Boni Hargens.,PhD mendatangi SMAK St. Igatius Loyola(Ignola) Labuan Bajo, Kamis(15/06/2023).

Kedatangan Pengamat Politik Nasional kelahiran Manggarai ke Loyola ialah untuk membumikan wawasan Pancasila dan Nasionalisme kepada pelajar SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo.

Bersama Ketua Dewan Penasehat LPI dan Pengamat Polkam Timur Tengah, H. Sa’ud Ahmad, Boni Hargens disambut segenap Civitas Akademika Ignola melalui prosesi Budaya Manggarai.

Usai Prosesi penyambutan digelar, Boni Hargens dan H. Sa’ud Ahmad menjumpai pelajar Ignola dan berbagi pengalaman, pengetahuan soal Pancasila dan Nasionalisme.

Boni Hargens: Rawat Pancasila dan Terus Bertoleransi

Mengawali sesi bincang ringan pelajar SMAK Ignola bareng Boni Hargens, Kepala SMAK Ignola, Pater Agustinus Susanto Naba menerangkan soal penerapan nilai Pancasila dan Nasionalisme(toleransi) dalam lingkup lembaga yang ia Pimpin.

Pasalnya, lembaga pendidikan yang berasaskan kekatolikan tersebut tidak menutup kesempatan untuk semua  generasi lintas agama untuk mengenyam pendidikan di SMAK ST. Ignola Labuan Bajo.

“Hingga saat ini, siswa/I kami, tidak hanya beragama Katolik, tetapi juga ada yang beragama Islam, Protestan dan Hindu. Dalam nuansa perbedaan ini, kami selalu menanamkan nilai toleransi,” kata P. Agustinus

Selanjutnya, Boni Hargens pada sesi bincang ringan dengan tegas menjelaskan soal kondisi bangsa hari ini, terkhusus soal potensi gerakan kelompok tertentu yang ingin mengubah ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bahwa hari ini, ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin  mengubah filosofi/ideologi bangsa Indonesia  demi tercapainya tujuan mereka,”beber Alumni Seminari Kisol tersebut kepada Pelajar Ignola

Ia pun berpesan kepada pelajar Ignola sebagai generasi muda agar tetap menjaga PANCASILA, NKRI dan terus bertoleransi.

Dalam kesempatan ini juga, Boni Hargens berkesempatan berdialog dengan beberapa siswa, dalam bahasa Inggris dan Jerman. Beliau sangat terpukau dengan kemampuan anak-anak ini dalam berbahasa ASING.

Sementara itu,  H. Sa’ud Ahmad selaku Narasumber pada giat tersebut menceritakan kepada pelajar Ignola tentang pengalamannya sebagai seorang muslim dalam meresmikan salah satu rumah ibadah (Gereja) di Anam, Desa Bulan, Kecamatan Ruteng.

Tak lupa, H Sa’ud Ahmad mengapresiasi keterbukaan SMAK Loyola untuk menerima siswa non-katolik di lembaga pendidikan ini. Bagi dia, inilah nilai-nilai Pancasila yang harus tetap dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia, terutama kaum pelajar.

 

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 183 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Update Modernisasi Industri Pertanian, Mario Pranda dan Stevi Harman Ikuti Canton Fair di China

19 April 2024 - 18:43

Tenggelam di Wae Ara, Remaja Asal Lembor Ditemukan Tak Bernyawa

8 April 2024 - 11:36

Titiek Soeharto Sampaikan Pesan Manis ke Prabowo Usai Sandang Jenderal Kehormatan

1 Maret 2024 - 17:28

Panwaslucam Cibal Barat Tertibkan Semua APK Peserta Pemilu

11 Februari 2024 - 21:11

Siaga Bencana, Kapolres Mabar Cek Kesiapan Peralatan SAR

5 Januari 2024 - 08:52

Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo

30 Desember 2023 - 17:42

Trending di Nasional